Kunjungan Dari Kementrian Agama Kabupaten Klaten ke Kantor Lazismu Klaten

0
225

Hari Selasa 20 September 2016, kantor Lazismu Daerah Klaten kedatangan tamu dari Kantor Kementrian Agama Kabupaten Klaten. Kunjungan tersebut adalah dalam rangka monitoring, evaluasi dan pendataan zakat yang selama ini sudah dilakukan oleh Lazismu Klaten termasuk Lazismu cabang.
Dalam pertemuan tersebut, kemenag Kabupaten Klaten mengutus empat orang petugas yaitu ; Hj. Retna Fithrotin S.Ag., M.Pd.I., Dra. Hj. Siti Maryam, Tri Hardoyo, Ahmad Asfari dan dari tuan rumah diwakili oleh H. Samuji, B.Sc., Drs. H. Sriyono, Drs. H. Sahlan Sanusi, Anton Nugroho dan staff kantor Lazismu Fita Purnawati Sari.

Tim monitoring dan evaluasi Kemenag, dari kiri ke kanan;
Dra, Hj. Siti Maryam, Tri Hardoyo, Ahmad Asfari & Hj. Retna Fithrotin, S.Ag., M.Pd.i

Dalam pertemuan tersebut dibahas mengenai laporan zakat yang berhasil dikumpulkan oleh Lazismu Klaten selama tahun 2015, data muzakki dan mustahik termasuk kemana dan bagaimana zakat tersebut dikelola dan disalurkan. Selain itu juga dibicarakan mengenai kewajiban bagi lembaga amil zakat untuk memiliki Ijin Lembaga Amil Zakat dari Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Klaten sesuai dengan Keputusan Menteri Agama Nomor 333 Tahun 2015 tentang Pedoman Pemberian Izin Pembentukan Lembaga Amil Zakat.

Selain itu, kedepannya, Kemenag meminta Lazismu Klaten untuk mengirimkan data pengumpulan zakat ke kemenag setahun dua kali setiap Bulan Juli dan Desember. Sehingga pada nantinya, kemenag akan memperoleh data potensi zakat di Kabupaten Klaten secara berkala.

Suasana monitoring dan evaluasi antara Lazismu Klaten dan Tim monev Kemenag di Gedung Sierad, Klaten.

Pertemuan ini juga untuk mengantisipasi mulai berlakunya UU Zakat, Infak dan Sedekah (UU no 23 tahun 2011) yang didalam pasal 38 menyebutkan ; “Setiap orang dilarang dengan sengaja bertindak selaku amil zakat melakukan pengumpulan, pendistribusian, atau pendayagunaan zakat tanpa izin pejabat yang berwenang”, sehingga dirasa perlu oleh kemenang untuk mensosialisasikan hal tersebut kepada Lazismu Klaten dan meminta Lazismu Klaten untuk mempersiapkan segala hal yang diperlukan, terutama dalam hal Izin Pembentukan Lembaga Amil Zakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here